Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 22 November 2015

Kerjasama “Sister City” Antara Surabaya dan Kochi




Kerjasama “Sister City” Antara Surabaya dan Kochi
            Seperti yang kita tahu, Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang letaknya berada di pulau jawa khususnya Jawa Timur. Sedangkan Kochi merupakan salah satu kota yang terletak di pulau Shikoku, Jepang. Kedua kota yang berbeda Negara ini menjalin suatu kerjasama “Sister City” atau kota kembar yang telah lama bejalan dengan baik. Kerjasama ini dimulai sejak tanggal 17 April 1997. Setiap lima tahun, kedua kota melakukan perpanjangan kerjasama dengan menandatangani surat perjanjian. Sejak perjanjian pada tahun 1997, Surabaya dan Kochi tercatat telah melakukan dua kali penandatanganan perjanjian yaitu pada tahun 1997 (periode 1 tahun 1997-2001) dan pada tahun 2002 (periode 2 tahun 2002-2006). Namun, setelah periode kedua tidak ada lagi penandatangan perjanjian karena akan terus berjalan secara otomatis.
            Persamaan antara Surabaya dan Kochi inilah yang membuat adanya kerjasama, seperti keadaan geografis dan aktivitas kota. Menurut letak geografisnya, kedua kota ini memiliki pelabuhan yang strategis sehingga menjadikan kota perdagangan yang aktif dalam dunia perdagangan Internasional. Oleh karena itu, Surabaya dan Kochi melakukan kerjasama yang menyepakati tentang manajemen perkotaan, manajemen pelabuhan, perlindungan lingkungan hidup, pengembangan ekonomi, pendidikan, IPTEK serta kesenian dan kebudayaan. Kegiatan yang telah dikakukan oleh kedua Negara ini diantaranya adalah pertukaran staf Pemkot untuk bidang IPTEK, pengiriman delegasi pelajar untuk bidang pendidikan dan festival tari untuk bidang kesenian dan kebudayaan, serta penandatangan “sister port” atau kerjasama pelabuhan pada tanggal 12 Mei 1998. Dengan adanya sister port, membuat aktivitas ekonomi seperti ekspor impor menjadi lebih mudah dan terintegrasi.
            Dilihat menurut pandangan liberalism, bntuk kerjasama kedua kota yang berbeda negara ini merupakan bentuk cara agar tercipta kedamaian antara kedua negara. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan hubungan yang baik, sehingga diperlukan adanya persamaan antara wilayah di negara yang berbeda. persamaan inilah yang nantinya menjadi pengikat terjalinnya hubungan kedua negara. Perdamaian akan tercipta bukan hanya melalui pemerintah negara saja, melainkan juga aharus ada pengaruh dari pemerintah daerah negara tersebut.
            Dengan terjalinnya hubungan kedua Sister City ini, maka kepentingan dari kedua kota bahkan kedua negara ini dapat terlaksana dengan baik. Segala kepentingan yang dibutuhkan terutama bagi kebutuhan negara, akan sangat mudah apabila dilakukan dengan kerjasama. Suatu koflik dipandang tidak ada artinya, karena hanya akan merusak hubungan dan dapat merusak ketentraman negara. Semakin banyak melakukan kerjasama, maka kemajuan negara akan semakin mudah untuk didapatkan. Semakin majunya sistem global, maka semua berperan penting. Maksudnya, untuk mencapai kemajuan, tidaklah hanya bergantung pada negara maupun pemerintah negara saja. Namun, diperlukan juga adanya kontribusi dari masyarakat untuk menunjang kemjuan tersebut, seperti yang telah dilakukan oleh pemerintah Surabaya dan Pemerintah Kochi.

0 komentar:

Posting Komentar